Pesona Diving di Derawan: Sensasi Menaklukan Lautan Hindia

Selamat datang di Derawan, surga bawah laut di Indonesia! Destinasi indah ini menawarkan pesona diving yang memikat para penyelam dari seluruh penjuru dunia. Mari kita menjelajahi pesona dan keajaiban bawah laut di Derawan, serta mengungkap sejarah, mitos, lokasi, dan harga tiketnya yang menarik.

Sejarah Derawan:

Derawan adalah salah satu dari 31 pulau di Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia. Kepulauan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Laut Derawan, yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. Sejarah Kepulauan Derawan berakar pada budaya lokal dan legenda yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

baca juga : Ini Dia Spot Diving Terbaik di Indonesia

Pesona Diving di Derawan:

Derawan dikenal sebagai surga bagi para penyelam dan pecinta kehidupan bawah laut. Lautan Hindia yang jernih di sekitar pulau-pulau ini menawarkan keanekaragaman hayati bawah laut yang menakjubkan. Keindahan terumbu karang, ikan-ikan berwarna-warni, penyu, hiu paus, dan masih banyak lagi, menciptakan pengalaman diving yang luar biasa. Salah satu atraksi utama di Derawan adalah bertemu dengan penyu hijau dan penyu sisik, yang datang ke pantai-pantai pulau ini untuk bertelur. Sensasi menyaksikan penyu-penyu ini melepaskan telur-telur mereka ke pasir pantai adalah momen yang mengharukan dan tak terlupakan bagi para penyelam.

Mitos Terumbu Karang di Derawan:

Masyarakat setempat meyakini bahwa terumbu karang di Derawan adalah hasil dari cinta dua sejoli yang kehilangan cintanya. Mitos mengisahkan bahwa mereka berdua berubah menjadi terumbu karang dan pulau-pulau indah yang sekarang ada di Kepulauan Derawan. Hal ini menambah nuansa romantis dan magis bagi para pengunjung yang menyaksikan keindahan terumbu karang yang menakjubkan.

Lokasi dan Akses ke Derawan:

Kepulauan Derawan dapat diakses melalui jalur udara dengan terbang ke Bandara Internasional Kalimarau di Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur. Dari Tanjung Redeb, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal menuju Pulau Derawan dan pulau-pulau lainnya di sekitarnya.

Harga Tiket dan Penginapan:

Harga tiket untuk masuk ke Taman Nasional Laut Derawan bervariasi, tergantung pada status kewarganegaraan Anda. Harga tiket berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000 untuk pengunjung domestik, dan sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000 untuk pengunjung internasional. Harga tiket ini biasanya termasuk biaya konservasi lingkungan dan pemeliharaan area konservasi.

Ketersediaan penginapan di Derawan sangat beragam, mulai dari resort mewah hingga penginapan budaya lokal. Tarif penginapan bervariasi, mulai dari Rp 300.000 hingga lebih dari Rp 1.000.000 per malam, tergantung pada fasilitas dan tingkat kenyamanan yang Anda pilih.

Tips Penting:

  • Selalu patuhi peraturan dan pedoman dari Taman Nasional Laut Derawan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan bawah laut.
  • Pastikan Anda membawa peralatan snorkeling atau diving yang sesuai untuk menikmati keindahan bawah laut Derawan dengan aman dan nyaman.
  • Lindungi kehidupan bawah laut dengan tidak menyentuh atau merusak terumbu karang atau makhluk laut lainnya.

Sekarang, Anda telah memahami pesona diving di Derawan dan betapa indahnya kehidupan bawah laut yang menakjubkan di Kepulauan Derawan. Segera rencanakan perjalanan Anda dan nikmati sensasi menaklukan Lautan Hindia yang memukau ini!

Photo by: kompas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top